Keyakinan dan Kepasrahan

Keyakinan dan kepasrahan, sekilas jika kita memikirkannya akan tercipta sebuah kutub yang saling berlawanan, definisi yang saling bertolak belakang. Keyakinan di satu sisi, menerbitkan sejuta asa, dan pompaan optimisme yang menggelegar. Sedangkan kepasrahan, mengundang rasa pasif, dan cenderung berlepas diri. Padahal setelah direnungkan lagi, banyak kejadian yang secara tepat menyandingkan 2 hal ini. Suatu saat kita mempunyai rencana. Perincian langkah-langkah untuk mewujudkan rencana itu telah disusun, dan ditindaklanjuti dengan berbagai usaha untuk meraih hasil, doa juga telah dikumandangkan untuk menyempurnakan rangkaian usaha itu. Tapi diujung penantian, kita tidak memperoleh apa yang kita angankan, apa yang kita harapkan. Kenapa hal ini terjadi? Bagi orang-orang yang berkarakter dan memiliki pemahaman diri yang mantap, mungkin akan memberi mereka daya topang untuk tetap tegar menghadapi kenyataan yang diperoleh. Tapi bagaimana dengan yang lemah watak dirinya? yang terlalu berorientasi pada target, optimisme yang kadang tercampur dengan sikap takabur dan meremehkan, yang rapuh sandaran dirinya?

Sungguh, tidak ada yang sia-sia dari apa-apa yang telah kita kerjakan. Itu yang selalu saya coba untuk tanamkan pada diri saya, saya endapkan dalam pikiran dan hati ini. Karena jika merasa bahwa usaha kita, doa kita itu hanya sia-sia belaka, bukankah kita akan mengingkari sifat Allah swt, Sang Raja Diraja Alam ini? yang Maha Rohman dan Rohim, yang Maha Mendengar, Melihat, lagi Mengetahui? Oh, ya Allah! sungguh hamba berlindung padaMu dari pengingkaran sifat-sifatMu!

Ketika datang akhirnya, saat apa yang kita dambakan akan terwujud, dan ternyata hasilnya adalah jauh dari yang kita inginkan, apakah kita akan berputus asa? baiknya adalah kita bersyukur kepada Allah, yang telah memberi kepada kita hikmah, yang harus kita evaluasi dan renungkan apa-apa yang sudah kita pikirkan dan lakukan, sudah sempurnakah menurutย  jalur ridhloNya, atau kita turut mencampurkan nafsu kita untuk mewujudkan tujuan kita?

Maha Besar Keagungan Allah, lagi Maha Mengetahui dan Maha Pengasih Dia..

Dimuat juga di http://fsldkjadebek.com/?p=611

Iklan

7 thoughts on “Keyakinan dan Kepasrahan”

  1. gan…artikel nya sudah ku perbaharui, lengkap dengan gambarnya,,,semoga gan bisa ngerti n paham…terus bertanya gan jika masih ada yang kurang dipahami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s