Jaga Pergaulanmu agar tetap Positif

lingkungan pergaulanSeperti kita tahu bahwa ada ungkapan: “Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap“, seperti itulah kuatnya lingkungan pergaulan kepada sikap dan karakter kita.

Jika kita bergumul dengan orang-orang yang memancarkan aura negatif seperti suudhzonan, paranoid, curigaan dan sikap negatif lainnya, lebih kurang kita akan memiliki sikap yang sama dengan mereka. Bergaul dengan orang-orang seperti itu, apalagi dengan intens, akan mematikan potensi kita. Kita tidak akan berkembang. Kita akan melambat, terhambat dan tertekan oleh aura negatif yang mereka keluarkan. Sikap kita akan menjadi sama dengan mereka karena alur pikiran kita akan menyesuaikan dengan mereka, alur pikiran yang negatif. Saya berkata begini karena saya sendiri telah merasakannya. Dimana saat kita akan berbuat lebih untuk sesuatu yang lebih baik kita akan “dimatikan” dengan larangan dan intervensi dari mereka, dengan sikap meremehkan dan perlakuan yang seolah berkata “kamu tidak bisa melakukan itu”, “itu salah”, dan yang paling parah adalah “kamu jangan buka masalah baru deh”.

Memang benar kalau ada yang mengatakan bahwa hidup kita dimasa yang akan datang akan dipengaruhi oleh apa yang kita baca dan dengan siapa kita bergaul. Saran saya jika anda sedang berada dalam masalah yang sama, kurangi atau bahkan tinggalkan lingkungan seperti itu. Mereka tidak akan memberikan manfaat apapun kepada kita kecuali peremehan dan rasa pesimis. Mereka bahkan tidak akan membiarkan kita untuk mencoba. Yang jelas, boleh jadi mereka yang akan menjadi orang pertama yang meremehkan dan menentang anda, tersenyum sinis dengan kegagalan anda saat mencoba. Tapi mereka bukan orang yang akan menikmati saat usaha anda mengalami kesuksesan. Dalam proses usaha anda jangan pernah berharap mereka akan membantu anda, karena yang ada mereka hanya akan memberi rasa pesimis pada anda. Dan ketika usaha anda mulai menunjukkan hasilnya, mereka akan tiba-tiba memuji anda, berharap bisa ikut andil dalam usaha anda. Tapi yah, seperti itulah manusia, warna-warni karakternya. Yang lebih baik kita lakukan adalah berusaha tetap berpikir positif dan bertindak positif, bahkan pada mereka yang memberikan sikap negatif pada anda. And this is what I will do now 😉

Dimuat juga di: http://www.youngontop.com/notes/tempatkan-dirimu-pada-pergaulan-yang-positif-askwl1tx

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s