Awal Yang Baru

perjalanan baru

Ini bisa disebut sebagai perjalanan ulang, perjalanan awal sekali lagi. Kita memulai sebuah perjalanan baru dengan perjuangan yang berbeda, menyesuaikan dengan perjalanan yang akan kita tempuh. Saat ini, adalah masa dimana kedewasaan harusnya sudah utuh, yang kokoh dan mantap.

Tapi kita tidak tahu apakah kita bisa menilai diri kita dengan nilai “sudah dewasa” atau belum, sampai kita menghadapi masalah. Dan, sikap kita terhadap masalah itulah yang menjadi ukuran untuk menilai apakah layak atau tidak kita dinilai “sudah dewasa”. Sebenarnya ini adalah soal masa-masa peralihan, peralihan tanggung jawab lebih tepatnya. Dari yang sebelumnya kita tidak bertanggung secara penuh menjadi bertanggung jawab secara penuh.

Tapi memang begitulah, beda fase tentu beda pula “takaran” tantangannya. Di fase baru ini kita menghadapi tantangan yang baru dan kadang terasa lebih sulit untuk dihadapi. Banyak persoalan muncul justru datang pada hal-hal yang kita belum persiapkan atau justru kita sama sekali tidak mengetahuinya, sehingga membuat kita berada dalam posisi “berlindung sejenak” untuk berpikir dan merancang tindakan.

Betapapun sulitnya fase yang kita hadapi, kita tetap harus yakin kita dapat mengatasinya. Akhirnya, ada sebuah pepatah Arab yang bagus untuk menggambarkan perjuangan dalam menghadapi fase-fase baru dalam hidup kita: “Pukulan yang tidak membunuhmu, akan membuatmu lebih kuat”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s