Hari Ibu di Tahun Ini

hari ibu

Saat ini aku sadar bahwa jarang aku berada disisimu ketika hari itu tiba. Aku telah lama, sejak masuk masa SMA, pamit sejenak dari sisimu untuk menuntut ilmu, dan sekarang untuk mengisi hidup. Hari ulang tahun bukan tradisi keluarga kita, karena aku ingat sekali, sejak aku kecil momen itu jarang dirayakan. Dan alasanmu, itu bentuk salah satu “kemewahan yang berlebihan”. Aku tahu benar bahwa engkau berkata begitu bukan karena kita hidup berkekurangan ataupun terlalu pelit. Aku tahu karena kerja kerasmu kita dilimpahi kecukupan hidup oleh Tuhan, dan selalu engkau tidak pernah lupa untuk berbagi dengan yang lain, memilih kesederhanaan padahal punya kesempatan untuk menikmati lebih.

Oleh karena itulah, meski aku selalu untuk tidak alpa mengucapkan doa pada setiap ulang tahunmu, aku tidak pernah berusaha membuatnya lebih bermakna dari hari-hari yang lain, aku selalu mendoakanmu seperti engkau selalu mendoakan aku. Bahkan aku yakin, lebih sering dan dalam engkau melakukannya untukku.

Menurutku, sebenarnya rumah adalah pada keluarga yang menempatinya, bukan bangunan yang menaunginya. Bangunan akan merapuh dan lapuk. Tapi keluarga, akan abadi di dunia, dan tak terputus ikatannya di akhirat kelak. Sebelum nanti aku memiliki rumahku sendiri; istri dan anak-anakku, engkau akan selalu jadi rumahku yang aku rindui untuk kembali padanya. Maka saat ini, di hari ibu ini aku rindu dengan rumahku, engkau Ibu.

Semoga bingkisan yang aku bawa nanti, meskipun aku tidak tahu apakah engkau akan menyukainya atau tidak, ataupun cukup berharga atau tidak setelah apa-apa yang selalu engkau beri kepadaku, bisa cukup berarti untuk mengganti hadiah yang belum bisa kubawakan saat ulang tahunmu. Semoga, kehadiranku nanti dapat sedikit mengisi kealpaanku yang tidak bisa selalu ada disisimu.

Tinggalkan Balasan

