mimpi kecil tentang sebuah negeri yang bangsanya rajin belajar

Mendapat motivasi dari kisah ini. Bagi para “kutu buku” tentu akan sedikit merinding karena kesan dari surga buku dan ilmu yang menggairahkan ini.

akar rumput

hallward library

Inggris adalah negara yang sangat humanis. Itulah alasan yang saya “buat-buat” sendiri kenapa saya memilih Inggris sebagai satu-satunya negara pilihan saya untuk melanjutkan sekolah S3. Padahal saya belum pernah tahu, bahkan membaca tentang budaya orang Inggris saja belum pernah. Hanya saja, tidak tahu kenapa, hati saya selalu mengatakan begitu.

Kenapa harus humanis? Karena, menurut saya sekolah itu tidak sekedar belajar di Universitas tempat kita belajar, tetapi yang lebih penting dari pada itu adalah belajar dari kehidupan dari tempat dimana kita belajar. Buat saya, sekolah kehidupan lebih banyak memberi kita pelajaran berharga  tentang hidup daripada Sekolah bergedung bernama  Universitas.

*

” People are People” itu kata-kata yang selalu saya ingat dari dosen pembimbing saya. Dosen pembimbing saya yang selalu saya kagumi. Kegeniusan nya tetapi juga kemanusianya.  Guru yang tidak hanya membuka diri untuk berdiskusi tentang masalah sempit dalam penelitian kita, tapi juga membuka diri dalam diskusi panjang tentang manusia dan kompleksitasnya…

Lihat pos aslinya 1.148 kata lagi

Tinggalkan Balasan

