Mengenal Bisnis Fast Moving Consumer Goods

Dalam keseharian, kita sudah berinteraksi dengan industri ini. Kita mengkonsumsi barang-barang seperti kecap, saus tomat, sabun, sampo serta makanan dan minuman kemasan. Barang-barang tersebut biasanya dikenali dari merek yang beragam dengan jenis dan harga yang berbeda. Merek-merek itu dimiliki oleh perusahaan FMCG nasional maupun asing (multinational company).

produk-consumer-goods
Produk Consumer Goods (kantar worldpanel)

Jadi sebenarnya apa itu industri FMCG?

FMCG atau Fast Moving Consumer Goods adalah industri yang aktivitasnya memproduksi dan memasarkan barang-barang konsumsi masyarakat (konsumen akhir). Sifat dari barang yang dihasilkan adalah diproduksi massal dengan biaya yang relatif rendah dan memiliki perputaran omset yang cepat.

Fast Moving Consumer Goods atau biasa disebut juga consumer goods (jika diterjemahkan menjadi “barang konsumsi”) memiliki masa produk yang pendek. Bisa kita lihat pada produk-produk makanan dan minuman kemasan, terdapat tanggal kadaluarsa/expired date atau baik digunakan sebelum/best before date.

pembotolan-di-pabrik-google-co-id
Proses Pembotolan (google images)

Dalam bisnis FMCG terdapat proses bisnis dari hulu ke hilir, dari pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi sampai dengan distribusi dan pemasarannya. Dalam distribusi/pemasarannya, produk-produk akan disalurkan ke pasar tradisional (traditional market)  maupun pasar modern (modern market) hingga akhirnya akan sampai pada konsumen akhir.

Iklan

1 thought on “Mengenal Bisnis Fast Moving Consumer Goods”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s